DALANG, NEGARA, MASYARAKAT

DALANG, NEGARA, MASYARAKAT

(Penerbit LimPad Semarang 2003 ISBN: 979-3193-05-0. 404 hal) 

 

Ideologi agen   berperan secara signifikan di dalam proses hubungan sosial. Siapapun yang memposisikan diri sebagai agen, tak terkecuali dalang, akan ikut membentuk dan dibentuk oleh kondisi sosiokulturalnya, dunia sekitarnya. Hal ini hanya bisa dipahami manakala manusia diperlakukan sebagai subjek yang berpikir dan bertindak atas kehendak bebas.

Pergeseran orientasi dan cara pandang agen (dalang) dari motif sosial (moral) ke motif ekonomi (rasional) tidak terlepas dari tuntutan sosiokulturalnya. Dari sinilah ideologi agen dibentuk dan kemudian diungkapkan melalui praktik sosial dan tindakan simbolis yang mendasarkan pada kepentingan dalam konteks peristiwanya. Berangkat dari sini pula posisi dan strategi agen baik yang berupa reproduktor, akomodator, dan emansipator bertaut erat  dengan varian ideologi yang tersimpan di kepala sang agen.

 

contact person 081325722929

One Response to DALANG, NEGARA, MASYARAKAT

  1. Karib mengatakan:

    Aslm

    Saya ingin membeli buku Dalang,Negara dan Masyarakat ini. Dulu saya punya tapi hilang…mohon bila masih tersedia saya tertarik untuk membelinya.bagaimana cara membelinya?

    terima kasih

    Karib

    0856 91 250 107

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: